HomeInfo Kursus OnlineCara Membuat Pelajaran Online
Membuat Pelajaran Online

Cara Membuat Pelajaran Online

Pada kesempatan ini, kita akan membahas tentang “Cara Membuat Pelajaran Online” pada Kelas Online, Les Online atau Kursus Online di ePendidikan.com. Isi dari kelas online kita yaitu pelajaran dan kuis online. Jadi, untuk membuat kelas online yang berkualitas, Anda harus membuat pelajaran online yang berkualitas pula.

Pastikan Anda telah membaca artikel sebelumnya, yakni “Cara Membuat Kelas Online” dan “Cara Membuka Les Online“.

Daftar Isi

Untuk membuat atau mengedit materi atau pelajaran online, Anda terlebih dahulu harus membuat kelas online (baca artikel sebelumnya). Pada kelas online, kita telah membuat judul pelajaran. Berikut penjelasannya secara rinci.

Membuat & Mengedit Materi atau Pelajaran Online

Materi belajar online yang baik harus dirancang dengan hati-hati untuk memastikan efektivitas dan kemudahan belajar bagi para peserta. Berikut adalah beberapa elemen yang harus diperhatikan:

  1. Struktur yang Jelas. Modul dan Submodul: Pisahkan materi menjadi beberapa modul atau submodul yang lebih kecil dan mudah dicerna.
    Rencana Pembelajaran: Sediakan rencana pembelajaran yang jelas sehingga peserta tahu apa yang akan dipelajari dan dalam urutan apa.
  2. Tujuan Pembelajaran yang Jelas. Spesifik dan Terukur: Tujuan pembelajaran harus jelas dan spesifik, serta dapat diukur keberhasilannya.
    Relevansi: Pastikan tujuan tersebut relevan dengan kebutuhan dan minat peserta.
  3. Konten yang Beragam dan Interaktif. Teks: Konten tertulis harus jelas, ringkas, dan bebas dari kesalahan.
    Visual: Gunakan gambar, diagram, dan infografis untuk membantu menjelaskan konsep.
    Video dan Audio: Sediakan video penjelasan, tutorial, atau wawancara untuk memperkaya pembelajaran.
    Interaktivitas: Sertakan kuis, diskusi, dan simulasi untuk melibatkan peserta secara aktif.

Berikut ini beberapa langkah untuk membuat & mengedit materi atau pelajaran online Anda:

Langkah 1: Membuat Segmen dan Judul Pelajaran

Baca Penjelasan

Membuat Judul Materi atau Pelajaran Online. Pertama-tama kita harus membuat judul pelajaran online kita pada bagian KURIKULUM. Caranya sebagai berikut:

1. Membuat Segmen atau Bagian

Cara membuat kelas online - SEGMEN KURIKULUM
Cara membuat kelas online – SEGMEN KURIKULUM

Pada bagian detail KURIKULUM seperti gambar di atas, ketikkan NAMA BAGIAN atau SEGMEN. Misalnya Minggu 1, atau BAB 1. Anda bebas menentukan nama bagiannya. Pada contoh ini kita akan memberi nama bagian kita adalah MINGGU 1.

2. Membuat Judul Materi atau Pelajaran Online

Cara membuat kelas online - MEMBUAT JUDUL PELAJARAN
Cara membuat kelas online – MEMBUAT JUDUL PELAJARAN

Pastikan Anda mengklik IKON BUKU untuk Pelajaran seperti NO 1 pada gambar di atas. Kemudian pada kolom “Create a new lesson” (No 2), ketikkan judul yang Anda inginkan. Sebagai contoh, kami beri nama pelajaran online sebagai berikut:

Membuat Pelajaran Online - JUDUL PELAJARAN
Membuat Pelajaran Online – JUDUL PELAJARAN

Pada contoh gambar di atas, kami membuat 3 pelajaran, yaitu Pelajaran 1, pelajaran 2 dan pelajaran 3 pada Bagian MINGGU 1. Hal ini berarti, dalam MINGGU 1, ada 3 materi atau pelajaran yang akan dipelajari oleh setiap peserta kelas.

Dengan demikian, Anda dapat membuat judul materi atau pelajaran sebanyak yang kebutuhan Anda. Lakukan hal yang sama pada MINGGU 2, MINGGU 3, MINGGU 4, dst..

Langkah 2: Mengedit Materi atau Pelajaran

Baca Penjelasan

Selanjutnya, setelah membuat judul materi atau pelajaran, selanjutnya kita mengedit isi dari pelajaran kita. Berikut tahapannya.

1. Klik TOMBOL EDIT

Perhatikan gambar berikut:

Membuat Pelajaran Online - TOMBOL EDIT
Membuat Pelajaran Online – TOMBOL EDIT

Pada gambar di atas, perhatikan bagian yang diberi lingkaran merah, yaitu IKON PENSIL. Ikon tersebut merupakan tombol untuk mengedit pelajaran atau materi Anda. Arahkan kursor dan klik tombol sesuai pelajaran yang ingin di edit.

Setelah mengklik tombol tersebut, maka akan terbuka jendela baru pada browser Anda. Jendela baru tersebut merupakan halaman editor untuk materi atau pelajaran.

2. Input Materi

Pada jendela baru, yaitu halaman editor pelajaran. Akan terlihat form seperti pada gambar berikut:

Edit Pelajaran Online - FORM EDITOR
Edit Pelajaran Online – FORM EDITOR

Keterangan:

  1. Judul Materi atau Pelajaran. Ini merupakan judul yang sebelumnya telah dibuat pada form detail KURIKULUM. Anda dapat mengedit judul ini jika diperlukan.
  2. Fitur editor. Dengan fitur ini, Anda dapat mengubah tampilan teks, menambahkan gambar, link, media H5P – media interaktif (akan dijelaskan secara khusus), dll..
  3. Form Editor. Semua isi dari materi akan muncul pada bagian ini, kecuali lampiran media utama (video – akan dibahas di bawah)

Langkah 3: Pengaturan Pelajaran

Baca Penjelasan
Membuat Pelajaran Online - PENGATURAN
Membuat Pelajaran Online – PENGATURAN

Keterangan: Gambar di atas merupakan capture untuk fitur pengaturan pelajaran. Dengan fitur ini, Anda dapat meningkatkan kualitas dari kelas materi Anda.

Salah satu fitur yang dapat Anda tambahkan adalah belajar mengajar dengan LIVE menggunakan salah Zoom Meeting atau Google Meet. Tentu ini tidak wajib karena diperlukan pengaturan waktu atau jadwal yang ketat.

Selanjutnya adalah durasi. Jika Anda ingin menerapkan durasi atau batas waktu untuk materi Anda, gunakan fitur ini. Isi jumlah waktu (dalam satuan menit) yang Anda berikan kepada peserta. Misalnya, Anda dapat mengaturnya menjadi 30 menit, sehingga peserta tidak dapat lagi mengikuti materi yang sama setelah waktu habis.

Preview. Jika Anda memberi centang pada bagian ini, maka peserta dapat melihat materi Anda tanpa harus login. REKOMENDASI! Biarkan bagian TIDAK DICENTANG, karena beberapa fitur tidak dapat bekerja jika peserta tidak login, misalnya buku nilai, Sertifikat, tanya jawab.

Materials. Jika Anda ingin memberikan materi tambahan selain yang telah Anda sajikan pada form editor. Anda dapat mengupload materi yang kemudian didownload oleh peserta. Saat ini, format file yang diizinkan adalah TXT dan PDF.

Media. Agar materi Anda lebih menarik, Anda dapat memasukkan video dari situs lain seperti Youtube, atau Slider dari Google Docs.

Langkah 4: Perbarui (Simpan Perubahan)

Baca Penjelasan
Membuat Pelajaran Online - PERBARUI
Membuat Pelajaran Online – PERBARUI

Setelah Anda mengedit materi dan telah mangatur sesuai kebutuhan, langkah terakhir adalah menyimpan perubahan. Klik tombol PERBARUI agar perubahan yang telah Anda lakukan tersimpan. Setelah itu, Anda dapat menutup jendela atau halaman kemudian beralih untuk mengedit materi yang lain.

Perhatian! Jangan lupa untuk memperbaharui pula editor KELAS ONLINE Anda. Pastikan semua pekerjaan Anda tersimpan setelah melakukan perubahan


Demikian penjelasan mengenai cara membuat dan mengedit materi atau pelajaran online di ePendidikan.com. Jika terdapat hal yang tidak dapat dipahami atau Anda menemukan masalah, silahkan hubungi kontak kami di atas atau pada bagian Footer.

Penjelasan Tambahan Tentang Fitur Editor Pelajaran

Pada halaman editor pelajaran terdapat beberapa fitur yang sangat berguna untuk mengatur tampilan materi Anda. Sebagian fitur tentunya sudah familiar karena sering dijumpai pada aplikasi lain misalnya Microsoft Office Word. Fitur yang dimaksud misalnya huruf tebal, huruf miring, baris bawah, dll.

Pada kesempatan ini, beberapa fitur akan dibahas karena dianggap kurang familiar untuk saat ini.

Fitur EDITOR

Baca Penjelasan
Edit Pelajaran Online - FITUR EDITOR
Edit Pelajaran Online – FITUR EDITOR

1. Tambahkan Media

Fitur ini digunakan untuk menambahkan media seperti gambar atau video pada TENGAH TEKS. Misalnya, Anda ingin memberikan penjelasan dengan contoh gambar kepada peserta.

Fungsi “Tambahkan Media” adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyisipkan berbagai jenis media ke dalam konten mereka, seperti postingan blog, halaman, atau jenis konten lainnya. Fungsi ini sangat penting untuk memperkaya konten dengan elemen visual dan multimedia yang dapat meningkatkan keterlibatan dan interaktivitas pembaca.

Secara khusus, penggunaan fitur ini akan dibahas pada halaman terpisah agar lebih rinci

2. Add H5P

H5P adalah sebuah platform yang memungkinkan pengguna untuk membuat, berbagi, dan menggunakan konten interaktif di dalam situs web. Singkatan dari “HTML5 Package,” H5P adalah alat yang sangat berguna dalam pendidikan dan pelatihan online karena memungkinkan pembuatan berbagai jenis konten interaktif seperti kuis, video interaktif, presentasi, dan simulasi tanpa memerlukan keterampilan pemrograman yang mendalam.

Fitur Utama H5P:

  • Konten Interaktif: Pengguna dapat membuat berbagai jenis konten seperti kuis, permainan, video interaktif, dan presentasi.
  • Berbasis Web: H5P berfungsi di dalam browser web modern, memanfaatkan teknologi HTML5, sehingga tidak memerlukan instalasi perangkat lunak khusus.
  • Reusability: Konten yang dibuat dengan H5P dapat dengan mudah dibagikan dan digunakan kembali oleh orang lain.

Penggunaan fitur ini membutuhkan kemampuan tambahan atau pengalaman dalam hal membuat file presentasi. Oleh karena itu dibutuhkan pelatihan khusus untuk ini. Link pelatihan akan kami tampilkan di sini atau akan dikirim ke akun kontak Anda (bagi Tutor yang telah terdaftar).

Artikel Terkait

Berikut ini beberapa artikel terkait kursus online, pelatihan online atau pembelajaran online. Kami berharap setiap informasi yang kami sajikan dapat bermanfaat.

Share:

Artikel Lainnya

Mungkin anda tertarik dengan artikel berikut:

Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang “Cara Membuat Kuis Online” di ePendidikan.com. Online quiz atau kuis online adalah salah...
Setelah melakukan pendaftaran gratis dan disetujui, selanjutnya adalah membuat kelas online gratis. Bagi yang belum terdaftar, silahkan baca tentang “Cara...
Halo sobat ePendidikan.com, apakah Anda pernah berpikir untuk melakukan kursus online? Atau Anda ingin ikut pelatihan online? Jika iya, Anda...