HomeInfo Kursus OnlineCara Membuat Kelas Online
Cara membuat kelas online gratis

Cara Membuat Kelas Online

Setelah melakukan pendaftaran gratis dan disetujui, selanjutnya adalah membuat kelas online gratis. Bagi yang belum terdaftar, silahkan baca tentang “Cara Membuka Les Online“. Bagaimana cara membuat kelas online gratis di ePendidikan.com? Mohon disimak pembahasan berikut step by step.

Daftar Isi

Mengenal Struktur & Komponen Kelas Online di ePendidikan.com

Sebelum kita membuat kelas online gratis di ePendidikan.com, sebaiknya kita mengenal dan memahami struktur dan komponennya agar kedepannya lebih mudah. Hal yang dipandang perlu untuk dipahami adalah struktur halaman depan (halaman yang terlihat oleh pengunjung atau calon peserta), struktur halaman editor (halaman yang hanya dilihat oleh instruktur).

a. Halaman Depan

Halaman depan merupakan halaman yang terlihat oleh semua pengunjung, baik pengunjung tamu, pengunjung yang telah login, peserta maupun calon peserta. Ibarat rumah, halaman depan ini akan terlihat oleh calon Anda. Oleh karena itu, perlu kiranya memberikan kesan awal yang menarik bagi calon peserta kelas atau materi online Anda.

Pada bagian ini, sebaiknya kita terlebih dahulu memahami struktur dan komponennya agar memudahkan Anda untuk membuat kelas online sendiri. Klik tombol berikut untuk melihat setiap penjelasan:

Struktur Halaman Depan Kelas Online

Halaman depan kelas online merupakan halaman yang terlihat oleh pengunjung, peserta atau calon peserta. Berikut beberapa komponen yang perlu dipahami:

Komponen Halaman Depan Kelas Online
Komponen Halaman Depan Kelas Online

KETERANGAN:

  1. Judul Kelas atau Materi Kelas atau Tema yang akan dibahas. Judul ini akan muncul dan menjadi sorotan dalam mesin pencari, baik itu di Google maupun mesin pencari lainnya. TIPS: Buat Judul yang singkat dan menarik.
  2. Kutipan Ringkasan. Kutipan ringkasan adalah beberapa kalimat singkat yang YANG MENARIK MINAT calon peserta untuk mengikuti kelas atau materi Anda.
  3. Kategori. Kategori merupakan pengelompokan kelas yang bertujuan untuk memudahkan calon peserta menemukan kelas atau materi Anda pada halaman galeri.
  4. Overview atau gambaran umum. Keterangan lengkap tentang isi dari kelas atau materi yang akan dipelajari oleh peserta. Selain harus rinci, pastikan ini membuat calon peserta semakin berminat mengikuti kelas online Anda, baik kelas online gratis maupun berbayar.
  5. Kurikulum. Kurikulum di sini dapat diartikan sebagai DAFTAR ISI materi atau kuis yang nantinya akan mereka pelajari
  6. Gambar Andalan. Ini merupakan media yang menarik bagi calon peserta. Dapat berupa gambar atau berupa Video. Pastikan gambar atau video yang Anda masukkan tidak melanggar hak cipta.
  7. Harga. Ini merupakan BIAYA TOTAL yang harus dibayar oleh peserta selama mengikuti kelas Anda sampai selesai. Jika kelas Anda merupakan kelas online gratis, maka di sana akan tertulis FREE/GRATIS.
  8. Fitur Kelas. Fitur kelas merupakan rincian kelengkapan kelas yang akan diikuti oleh calon peserta.

b. Halaman Editor

Halaman editor merupakan halaman bagi instruktur atau pengajar untuk menulis atau memasukkan materi. Halaman ini hanya dapat diakses oleh pemilik akun, yakni instruktur atau pengajar itu sendiri. Ibarat sebuah rumah, halaman editor ini merupakan “DAPUR” sebagai tempat mengolah makanan atau minuman yang akan disajikan kepada tamu.

Semua komponen halaman depan yang dijelaskan pada bagian atas, dibuat atau ditulis pada halaman editor. Agar dapat memanfaatkannya dengan baik, mari kita terlebih dahulu mengenal komponennya. Klik menu berikut:

Komponen Halaman Editor

Sebelum kita memulai membuat kelas atau materi online yang baru, sebaiknya kita mengenali komponen editornya. Perhatikan gambar berikut:

Cara membuat kelas online - form judul dan overview
Form judul dan overview

KETERANGAN:

  1. Form Judul. Bagian yang ditunjuk panah nomor 1 di atas merupakan form untuk menuliskan judul kelas atau materi Anda. Judul sebaiknya MAKSIMAL 6 suku kata.
  2. Form Overview atau Deskripsi. Bagian yang ditunjuk panah nomor 2 merupakan bidang untuk mengisi overview atau gambaran umum atau deskripsi kelas online atau materi Anda. Pada bagian ini berikan keterangan yang lengkap, terdiri dari minimal 300 kata.

Setelah Form Judul dan Form Overview di atas, bagian editor berikutnya adalah KUTIPAN, KURIKULUM dan PENGATURAN KELAS. Perhatikan gambar berikut ini:

Cara membuat kelas online - KUTIPAN
KUTIPAN, KURIKULUM dan PENGATURAN KELAS

KETERANGAN:

  1. KUTIPAN. Bagian ini merupakan form untuk menulis bagian Kutipan atau kalimat singkat yang menarik dan memberikan gambaran singkat tentang kelas Anda. Sebaiknya hanya menggunakan 2-3 kalimat saja.
  2. KURIKULUM. Bagian ini merupakan form untuk menulis BAGIAN atau SEGMEN, JUDUL PELAJARAN atau JUDUL KUIS.
  3. PENGATURAN KELAS. Bidang ini merupakan bagian Pengaturan, mulai dari DURASI, BATASAN JUMLAH PESERTA, HARGA, PENILAIAN, SERTIFIKAT dan sebagainya.

Kompenen berikutnya setelah pengaturan kelas adalah form GAMBAR ANDALAN atau Thumnails, KATEGORI dan Bidang PENERBITAN. Agar lebih mudah dipahami, perhatikan gambar berikut ini:

Gambar Andalan - Kategori - Terbitkan
Gambar Andalan – Kategori – Terbitkan

KETERANGAN:

  1. GAMBAR ANDALAN. Bidang ini berfungsi untuk menambahkan thumnail pada halaman depan kelas online Anda. Gambar ini akan menarik perhatian calon peserta sehingga perlu untuk memasukkan gambar yang sesuai dan menarik. Pastikan gambar ini tidak melanggar hak cipta.
  2. KATEGORI. Kategori ini berfungsi untuk mengelompokkan kelas atau materi yang memiliki kesamaan tema atau ide. Ini akan memudahkan pengunjung untuk menemukan kelas atau materi Anda. Pilih salah satu kategori yang sesuai dengan kelas atau materi Anda.
  3. TERBITKAN. Bidang yang terakhir adalah bidang penerbitan. Jika selesai mengedit materi kelas Anda, Anda bisa langsung mengklik tombol TERBITKAN. Jika masih perlu diedit pada waktu berikutnya, gunakan tombol SIMPAN DRAFT.

Demikian penjelasan singkat mengenai struktur dan komponen kelas online di ePendidikan. Penjelasan detail tentang bagaimana menggunakannya, akan dibahas lebih detail pada bagian berikut ini:

Jika telah mempelajari komponen-komponen di atas namun masih ada hal yang belum dipahami, hubungi kontak yang tercantum pada bagian atas halaman ini.

Cara Membuat Kelas Online Gratis

Setelah memahami struktur dan komponen kelas online di atas, selanjutnya kita pelajari tentang bagaimana membuat kelas online gratis di ePendidikan.com. Untuk membuat kelas baru, ada beberapa langkah yang diperlukan. Silahkan simak penjelasan berikut ini:

Langkah 1: Login atau Masuk ke Akun

Login atau masuk ke akun Anda. Pastikan bahwa sebelumnya Anda telah terdaftar dan disetujui. Jika Anda belum mengerti bagaimana cara login atau masuk ke Akun ePendidikan.com, silahkan baca penjelasan LOGIN UNTUK MEMBUKA LES ONLINE.

Langkah 2: Klik TAMBAH KELAS

Klik tombol TAMBAH KELAS pada halaman profile Anda. Setelah Anda berhasil login atau masuk, secara otomatif Anda akan mengarah ke halaman profile. Pada halaman profile terdapat beberapa tombol. Perhatikan gambar berikut:

Halaman profile tutor bimbel atau les online
Halaman profile tutor kursus, bimbel atau les online

Langkah 3: Mengisi Bidang Halaman Editor

Setelah mengklik tombol TAMBAH KELAS, Anda akan diarahkan menuju ke HALAMAN EDITOR. Silahkan isi semua bidang yang diperlukan, mulai dari judul, deskripsi, harga (jika ingin dijual) dan seterusnya. Berikut beberapa bidang yang perlu Anda perhatikan:

Bidang yang perlu diisi

1. Judul Kelas atau Materi

Bagian judul harus Anda isi. Selain mudah dibedakan dengan kelas lain dan mudah diketahui oleh calon peserta, judul juga akan menjadi hal utama agar mudah ditemukan dalam mesin pencari seperti Google.com.

2. Bidang Overview atau Deskripsi

Bidang ini terdapat pada bagian bawah form judul (pastikan memahami tentang HALAMAN EDITOR di atas. Berikan deskripsi atau gambaran umum tentang kelas Anda, mulau dari tujuan dan capaian apa yang dicapai oleh peserta setelah mengikuti kelas Anda.

Bidang ini sebaiknya mengadung sedikitnya 300 kata. Selain penting untuk memberikan gambaran kepada calon peserta, ini juga akan membantu agar kelas Anda mudah ditemukan melalui mesin pencari.

3. Bidang Kutipan

Bidang kutipan ini sangat penting untuk diisi karena akan memberikan kesan awal kepada pengunjung. Selain itu, bagian ini juga yang akan diindeks oleh mesin pencari seperti Google.com. Oleh karena itu kita perlu mengisinya agar performa kelas Anda semakin baik.

Tips: gunakan 2-3 kalimat yang menarik dan memikat calon peserta agar tertarik mengikuti kelas Anda. Pastikan bahwa kalimat tersebut tidak mengandung unsur penipuan, artinya, apa yang dikatakan pada bidang ini tidak berbeda dengan konten atau isi materi Anda.

4. Gambar Andalan

Selain kutipan, gambar thumbnail juga penting diperhatikan. Hal ini bahkan menjadi hal yang mencolok bagi pengunjung. Gambar yang menarik biasanya menghasilkan klik yang lebih tinggi. Oleh karena itu, pikirkan untuk memasukkan gambar yang menarik dan sesuai dengan konten Anda.

Pastikan gambar Anda tidak melanggar Hak Cipta atau Hak Kekayaan Intelektual. Pihak ePendidikan tidak dapat bertanggungjawab terhadap gambar yang diupload oleh para penggunanya.

5. Kategori

Pilih salah satu kategori yang tersedia pada halaman editor. Jika materi atau kelas Anda tidak sesuai dengan salah satu kategori yang ada, silahkan kosongkan. Pihak pengelola akan melakukan penyesuaian setelah materi atau kelas Anda diterima.

Langkah 4: Membuat Kurikulum

Ini merupakan bagian yang sangat penting karena merupakan inti dari Kelas atau Materi Anda. Bagaimana proses belajar dalam kelas Anda sangat bergantung pada pengaturan kurikulum ini.

Setidaknya ada 3 hal pokok yang harus diketahui dalam hal pembuatan kurikulum ini, yakni SEGMEN, PELAJARAN dan KUIS. Masing-masing dibahas secara rinci sebagai berikut:

1. Segmen atau Bagian

Segmen di sini diartikan sebagai bagian-bagian dari keseluruhan proses belajar dalam satu kelas. Tidak ada batasan tentang segmen ini. Bagaimana kelas dibagi ke dalam beberapa segmen ditentukan oleh tutor atau instruktur masing-masing.

Sebagai contoh, Anda dapat membagi segmen kelas anda dalam beberapa pertemuan, sehingga Segmen yang Anda buat misalnya PERTEMUAN I, PERTEMUAN KE II dan seterusnya. Anda juga dapat membagi segmen dalam bentuk mingguan, misalnya MINGGU I, MINGGU II dan seterusnya. Ada pula yang membagi segmen dalam bentuk BAB, sehingga segmennya berupa BAB I, BAB II dan seterusnya.

Contoh Gambar dan Keterangan Segmen
Cara membuat kelas online - SEGMEN KURIKULUM
Cara membuat kelas online – SEGMEN KURIKULUM

Pada bagian yang ditunjuk dengan tanda panah merah, silahkan KETIK NAMA SEGMEN yang Anda inginkan. Misalnya PERTEMUAN I, atau BAGIAN I, atau PENDAHULUAN, dan lain sebagainya. Hal ini merupakan hak Anda untuk menentukannya.

2. Judul Pelajaran atau Lesson

Setelah menuliskan nama segmen kelas Anda, langkah selanjunya adalah menulis JUDUL PELAJASAN atau LESSON. Judul pelajaran Anda juga tergantung dari materi dan keputusan Anda. Jika kelas Anda ingin mengajarkan tentang Bahasa Inggris, maka contoh judul pelajaran I misalnya RUMUS-RUMUS BELAJAR BAHASA INGGRIS.

Contoh gambar Judul Pelajaran
Cara membuat kelas online - MEMBUAT JUDUL PELAJARAN
Cara membuat kelas online – MEMBUAT JUDUL PELAJARAN

Pada gambar di atas, kita telah membuat sebuah segmen yang diberi nama MINGGU I. Di dalam segmen ini kita dapat membuat sebuah judul pelajaran atau lesson. Berikut keterangannnya:

  1. Ikon Buku. Pastikan ikon ini aktif yang ditandai dengan warna biru. Ikon ini merupakan ikon untuk pelajaran atau lesson.
  2. Form Judul. Pada gambar tanda panah nomor 2, ketik judul pelajaran Anda pada bidang yang bertulis “Create a new lesson”. Setelah itu tekan Enter.

3. Judul Kuis

Selain pelajaran atau lesson, Anda juga dapat membuat sebuah kuis pada segmen yang sama. Kuis ini nantinya dapat disesuikan jenisnya, single choice, multiple choice, pencocokan dan lainnnya. Sebelum sampai di sana, mari kita terlebih dahulu membuat judul kuisnya. Perhatikan gambar berikut ini:

Keterangan gambar membuat judul kuis
Cara membuat kelas online - MEMBUAT JUDUL KUIS
Cara membuat kelas online – MEMBUAT JUDUL KUIS

KETERANGAN: Pada gambar di atas, kita akan membuat sebuah kuis pada segmen MINGGU I. Berikut penjelasannyanya:

  1. Ikon Jam. Pastikan ikon jam aktif yang ditandai dengan ikon berwarna biru. Ikon ini adalah ikon yang digunakan untuk menandai kuis.
  2. Form Judul Kuis. Setelah ikon jam berwarna biru, akan muncul teks “Create a new quiz”. Ketik judul kuis pada bidang tersebut lalu tekan ENTER pada keyboard Anda.

Tampilan Akhir Kurikulum

Setelah kita membuat Segemen, Pelajaran dan Kuis, maka tampilan Form Editor untuk bagian kurikulum akan terlihat seperti pada gambar berikut:

Gambar tampilan akhir kurikulum
Cara membuat kelas online - Tampilan Akhir Kurikulum
Cara membuat kelas online – Tampilan Akhir Kurikulum

Keterangan: Pada contoh gambar di atas, kurikulum dibagi menjadi 2 segmen atau bagian, yaitu MINGGU I dan MUNGGI II. Pada setiap segmen, masing-masing terdapat 2 item kurikulum, yaitu:

  1. Judul Pelajaran I, berapa pada Segmen Minggu I
  2. Judul Kuis I, berapa pada Segmen Minggu I
  3. Judul Pelajaran II, berapa pada Segmen Minggu II
  4. Judul Kuis II, berapa pada Segmen Minggu II

Jumlah Pelajaran dan kuis setiap segmen tidak ditentukan. Setiap instruktur atau tutor berhak mengatur jumlah masing-masing pelajaran atau kuis sesuai dengan kelas atau materinya.

Langkah 5: Pengaturan Kelas

Hal penting berikutnya setelah kurikulum yaitu pengaturan kelas online. Pengaturan kelas online ini tentu sangat berpengaruh terhadap kinerja kelas online Anda. Berikut penjelasan detail mengenai pengaturan kelas online.

a. Pengaturan Umum

Pengaturan Umum

Pengaturan umum kelas online ini dapat Anda atur sesuai kebutuhan. Akan tetapi, jika tidak dibutuhkan, biarkan pengaturan ini secara default. Beberapa hal yang perlu dipahami dalam pengaturan umum ini adalah sebagai berikut:

Pengaturan Kelas Online - UMUM
Pengaturan Kelas Online – UMUM

Keterangan:

  1. Durasi. Secara default durasi diatur selama 10 Minggu. Durasi ini terhitung atau mulai berlaku setiap seorang peserta memulai mengikuti kelas. Ini akan terhubung dengan pengaturan BLOKIR KONTEN di bawahnya.
  2. Blokir Konten. Pengaturan “blokir konten” ini berfungsi untuk membatasi atau tidak mengizinkan peserta untuk mengakses konten ketika durasinya habis. Kolom centang berikutnya adalah memblokir akses ketika seorang peserta telah mengikuti seluruh rangkaian pembalajaran di dalamnya. Biarkan kedua kolom centang tetap tercentang jika ingin mengaktifkan fitur pemblokiran. Sebaliknya, lepaskan centang ketika tidak ingin memblokir akses peserta, artinya akan dapat diakses selamanya.
  3. Beli kembali. Jika kelas online Anda berbayar dan Anda ingin peserta membelinya kembali setelah diblokir karena durasi berakhir, maka opsi ini sebaiknya dicentang.
  4. Media Pengantar. Secara default media yang tampil pada HALAMAN DEPAN adalah GAMBAR ANDALAN. Anda dapat menggantinya dengan tampilan video misalnya video dari YouTube. Anda cukup melakukan paste link video yang diinginkan pada bidang yang tersedia.

b. Pengaturan Harga

Pengaturan Harga
Pengaturan Kelas - Harga
Pengaturan Kelas – Harga

Keterangan:

  1. Harga Normal. Jika bidang ini kosong, maka kelas online Anda akan berlabel gratis. Bidang ini harus diisi dengan angka sesuai dengan harga yang diinginkan. Namun jika ingin memerikan akses gratis ke semua orang, biarkan bidang ini tetap kosong.
  2. Harga Promo. Harga promo adalah harga yang lebih kecil nilainya dibanding harga normal. Jika Anda ingin memberikan harga pada kelas online Anda, maka harga normal dan harga promo harus terisi. Jika harga normal misalnya 200000, maka harga promo harus lebih kecil, misalnya 150000 (format penulisan harga tanpa tanda baca).
  3. Jadwal Promo. Anda juga dapat menetapkan jadwal promo secara otomatis. Simbol “harga coret” akan otomatis hilang pada waktu yang ditentukan melalui pengaturan jadwal promo ini.
  4. Bebas diakses? Anda dapat membiarkan bidang ini kosong agar peserta yang dapat mengakses kelas Anda tercatat dalam sistem. Namun jika Anda tidak memerlukan data peserta, maka bidang ini sebaiknya dicentang.

c. Sertifikat

Pengaturan Sertifikat

Jika Anda ingin memberikan sertifikat kepada peserta Kelas Anda, silahkan pilih tab sertifikat pada Pengaturan Kelas. Pilih salah satu sertifikat yang tersedia. Caranya, arahkah kursor ke atas sertifikat yang Anda inginkan lalu klik tombol “Assign“. Jika ingin membatalkan atau ingin mengganti dengan sertifikat yang lain, arahkan kembali kursor Anda lalu klik “Remove“.

d. Jadwal

Pengaturan Jadwal

Secara default, pengaturan jadwal ini dinonaktifkan. Pengaturan jadwal diperlukan jika Anda menginginkan menerapkan persyaratan khusus dan penjadwalan ketat pada akses materi. Artinya, materi hanya dapat diakses pada waktu tertentu dan atau dengan syarat tertentu.

PERHATIAN!

Pastikan Anda telah menyelesaikan bagian kurikulum (Pelajaran dan atau Kuis) sebelum melakukan pengaturan Jadwal.

Untuk mengaktifkan pengaturan jadwal, Anda harus memberi centak pada kotak “Aktifkan“. Perhatikan gambar berikut:

Pengaturan Jadwal Kelas Online
Pengaturan Jadwal Kelas Online

Keterangan: Pilih salah satu tipe pengaturan yang tersedia, setelah itu tekan tombol terbitkan pada BIDANG PENERBITAN. Tombol setting waktu dan persyaratan hanya muncul setelah Anda menglik tombol TERBITKAN. Berikut penjelasan tipe pengaturan:

  1. Waktu tertentu setelah terdaftar pada kelas. Tipe ini untuk menerapkan waktu yang terhitung sejak peserta terdaftar. Misalnya, peserta hanya dapat mengakses materi kedua setelah 1 minggu terdaftar pada kelas Anda. Selanjtnya, materi ketiga hanya dapat diakses 2 minggu setelah terdaftar, dan seterusnya.
  2. Buka materi kelas secara berurutan. Tipe ini untuk mengatur akses materi secara berurutan. Peserta harus menyelesaikan materi 1 sebelum mengakses materi 2. Begitu juga selanjutnya, harus menyelesaikan materi 2 sebelum mengakses materi 3, dan seterusnya.
  3. Buka materi sesuai persyaratan. Tipe ini untuk mengatur akses berdasarkan syarat. Misalnya harus lulus pada materi A untuk mengakses materi B atau C.

Langkah 6: Terbitkan

Jika telah selesai mengimput materi dan melakukan pengaturan yang diperlukan. Langkah terakhir adalah menerbitkan kelas online Anda dengan menekan tombol TERBITKAN. Tombol ini secara default berada pada bagian bawah halaman. Jika belum mengerti, silahkan baca penjelasan tentang HALAMAN EDITOR.

Demikian penjelasan tentang cara membuat kelas online gratis. Jika ada masih ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan buat pertanyaan pada kolom komentar atau hubungi kontak kami di atas. Terima kasih!

Informasi Lainnya Terkait Kelas Online

Jika membutuhkan informasi lain, mungkin Anda dapat membaca beberapa artikel terkait kursus online pada list berikut ini:

Share:

Artikel Lainnya

Mungkin anda tertarik dengan artikel berikut:

Pada kesempatan ini, kita akan membahas tentang “Cara Membuat Pelajaran Online” pada Kelas Online, Les Online atau Kursus Online di...
Halo sobat ePendidikan.com, apakah Anda pernah berpikir untuk melakukan kursus online? Atau Anda ingin ikut pelatihan online? Jika iya, Anda...
Apakah Anda tertarik untuk membuka les online atau membuat bimbel online? Kami siap membantu Anda! Kami menyediakan fasilitas gratis yang...