Login

Lost your password? Register New Account

Penyebab dan Dampak atau Akibat Pergaulan Bebas

Minggu, 09 Juni 2013 08:23

Penyebab dan dampak atau akibat pergaulan bebas. Bagi para kaulah muda, aktifitas mereka selalu di identikan dengan serba bebas. Bergaul dengan bebas, berteman, menghabiskan waktu mereka dengan semaunya. Setiap dari mereka menganggap sudah waktunya untuk berhura-hura dengan sebayanya. Menghabiskan waktu dengan bercengkrama misalnya sudah menjadi kegiatan rutin mereka. Belum lagi tak sedikit yang membolos sekolah, atau ugal-ugalan di jalan raya nampak dari sebagai aktifitas mereka. Kami menganggap pengertian pergaulan bebas merupakan sistem interaksi yang berasal dari virus berbahaya.

Pergaulan telah menjadi ikon dalam berinteraksi, dimana dalam kehidupan sehari- hari manusia khususnya kaum remaja tidak luput dari interaksi antar sesama mereka yang seusianya. Bergaul dengan menganggap dirinya sudah tau segalanya menjadikan dari setiap mereka bebas memutuskan keinginannya. Kamingnya, sangat kurang yang mampu menyadari batasan-batasan yang ada. Pergaulan bebas pelajar dapat kita lihat pada pergaulan yang di lakukan secara berlebihan hingga ke hal- hal yang belum boleh bahkan sama sekali tidak boleh di lakukan sudah mereka lakukan dengan alasan mencoba, seperti mengkomsumsi minuman beralkohol hanya karena ingin di anggap hebat oleh teman bergaulnya. Itulah salah satu contoh akibat dari pergaulan yang kurang sehat.

Di negara-negara maju seperti Amerika dan di negara-negara Eropa sudah tidak menjadi sesuatu yang tabuh lagi dengan pergaulan bebas. Sebut saja seperti hubungan seks di luar nikah, penggunaan obat-obatan terlarang dan sebagainya. Para remaja sudah melekat sebagai kalulah muda yang rentan terjangkiti virus ini karena umur mereka cukup rentan terkontaminasi. Di Indonesia sendiri mengalami peningkatan yang pesat dalam berbagai kasus kriminalitas dari akibat pergaulan bebas.

Penyebab dan Dampak Pergaulan Bebas

Menjadi sesuatu yang menarik ketika kita membahas mengenai pergaulan, terutama pergaulan bebas para pelajar, namun tidak semua dapat menemukan pernyelesaikan dari masalah besar ini. Menurut kami, terdapat beberapa hal yang menyebabkan para pelajar atau remaja terjangkiti virus pergaulan bebas, sebagai berikut:

1. Pengaruh Didikan Keluarga

Keluarga adalah guru pertama dalam mendidik seorang anak, dalam hal ini keluarga meliputi orangtua, saudara dan sebagainya. Dari setiap tumbuh kembang seorang anak ditentukan oleh seberapa besar peran dari orantua mereka. Didikan yang baik (positif) akan menciptakan kepribadian seorang anak yang baik pula, sebaliknya seorang anak yang didik dengan negatif maka rentan bagi ia untuk mengerjakan hal-hal yang negatif juga.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa setiap orangtua menginginkan semua anak-anaknya menjadi seseorang yang baik suatu hari nanti, sehingga membuat mereka berusaha menjaga dan merawat mereka, namun kami melihat justru kebanyakan dari orangtualah yang membuat anaknya terjerumus dalam pergaulan bebas, disebabkan karena kurangnya perhatian, mendidik dengan kekerasan, terlalu memanjakan anak, dll. Dampak pergaulan bebas ini dapat kita jumpai pada pelaku kriminalitas penggunaan obat-obatan terlarang seperti narkoba, minum-minuman keras, dan penggunaan jarum suntik sehingga menyebabkan HIV/AIDS.

2. Pengaruh lingkungan

Selain adanya pengaruh didikan keluarga, pengaruh lingkungan juga cukup besar dalam penentuan jatidiri seorang anak dalam masyarakat. Keberadaan seorang anak dalam lingkungan masyarakat sekitarnya membuat ia dituntut untuk bisa beradaptasi. Tidak sedikit dari para pelajar yang kurang bisa menahan pengaruh negatif yang beredar di lingkungan tempat tinggalnya. Akibat pergaulan bebas ini lah yang terkadang meresahkan masyarakat, seperti tauran, balasan liar, perkelahiran antar pelajar, dll.

3. Media Massa

Dalam melihat penyebab pergaulan bebas di kalangan pelajar, kami menganggap pengaruh media massa sangat besar dalam membentuk kepribadian, cara berfikir dan bertindaknya seorang anak. Media massa merupakan ikon terbesar dalam mengubah cara berfikir individu saat ini. Pengaruhnya menjadi ujung tombak pergerakan virus pergaulan bebas.

Semoga artikel pergaulan bebas ini dapat menjadi inspirasi buat para pembaca, kami sangat berharap aktor-aktor yang berperan dalam lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dapat menjaga dan mendidik anak-anak dari segi mental, psikologi dll. Kemiduan sya berharap informasi dari media massa agar penanyangan berita-beritanya memiliki pengaruh positif bagi para remaja, tidak hanya mengejar keuntungan.

Demikian artikel penyebab dan dampak pergaulan bebas ini, kritik dan saran kami harapkan dari para pembaca karena disadari bahwa pengetahuan kami masih jauh dari kesempurnaan.

Sumber Ilustrasi: mahadie87.student.umm.ac.id


Tag:, , ,

Artikel Terkait

Leave a Reply